10 Tempat Wisata Jogja Malam Hari

skaten
alun-alun kidul
alun-alun kidul

Membiacarakan Jogja memang tak akan pernah ada habisnya. Jogja masih menjadi salah pilihan favorite untuk jalan-jalan. Meski sudah berkali-kali berkunjung ke Jogja, kita seperti tak akan pernah kehabisan tempat

Romantisme Jogja yang tertanam di benak banyak orang yang pernah menjadi bagian darinya tak pelak selalu membuat kita rindu.  Ketika senja tenggelam, indahnya Jogja tak serta-merta ikut meredup. Semaraknya Kota Gudeg ini justru baru saja dimulai. Jadi, jangan dulu buru-buru pulang ke peraduan. Yuk, sambangi semaraknya Jogja di malam hari!

  1. Tugu Jogja
Tugu Jogja
Tugu Jogja

Tugu Jogja merupakan ikon kota Yogyakarta yang sangat terkenal. Tugu ini sudah berusia sekitar 3 abad yang menyimpan banyak sekali makna dan sejarah kota Yogyakarta. Simbol dan lambang kota Yogyakarta ini dibangun oleh Hamengku Buwono I yang juga merupakan pendiri dari Keraton Yogyakarta. Tugu ini bisa merupakan garis imaginer yang bersifat magis yang menghubungkan antara laut selatan, keraton Jogja, dan gunung Merapi.

Jika ingin berkunjung ke Tugu Jogja, lebih baik pilih di waktu malam hari ( karena kalau siang hari pasti terasa panas ). Selain itu juga untuk foto – foto memang Tugu Jogja paling bagus pada waktu malam hari.

  1. Taman Pelangi Jogja
Taman Pelangi Jogja
Taman Pelangi Jogja

Banyak sekali tempat wisata di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi. Dan salah satunya adalah Taman Pelangi yang terletak di ring road utara daerah monjali (monument jogja kembali) Yogyakarta ini. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan raya.

Lampion-lampion berbagai bentuk menerangi tempat ini dengan cahayanya yang warna-warni. Cuma di sini kamu bisa melihat pelangi di malam hari. Apalagi, taman ini tergenapi dengan berbagai wanaha yang bisa kamu nikmati bersama teman atau keluarga.

  1. Titik Nol Jogja
Titik Nol Jogja
Titik Nol Jogja

Kamu pasti tahu kalau Titik Nol jogja  adalah memiliki sejumlah bangunan peninggalan Belanda yang disebut loji. Coba deh kemari ketika malam hari, kamu seolah diajak berkelana ke masa lalu lewat bangunan-bangunan tua yang terawat sampai sekarang. Pendar kekuningan dari lampu merkuri makin menambah kesan romantis di tempat ini.

Kawasan KM Nol ini menjadi tempat favorit anak muda di Jogja untuk nongkrong maupun mengekspresikan diri. Kamu bisa melihat berbagai komunitas dan seniman menarik perhatian pengunjung lewat atraksi mereka. Ada yang meniru patung perunggu, berdandan ala hantu, sampai menari.

  1. Malioboro Jogja
Malioboro
Malioboro

Berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga, Malioboro menjadi kembang yang pesonanya mampu menarik wisatawan. Tak hanya sarat kisah dan kenangan, Malioboro juga menjadi surga cinderamata di jantung Kota Jogja

Saat malam tiba dan lampu-lampu kota mulai menyala, Malioboro akan menunjukkan wajah cantiknya. Pemandangan ini nih salah satu alasan banyak orang yang susah move on dari Jogja. Di kiri kanannya, kamu bisa menikmati pemandangan bangunan lawas yang berpadu dengan mal dan hotel sambil berjalan kaki. Jangan lupa uga berhenti untuk menikmati musik angklung yang unik dari pengamen angklung yang biasa “manggung” di trotoar Malioboro.

  1. Alun-alun Kidul Jogja
Alun-alun Kidul Jogja
Alun-alun Kidul Jogja

Saat malam, Alun-alun Kidul yang terletak di belakang Kraton Yogyakarta dipenuhi masyarakat yang mencari hiburan murah. Kerlap-kerlip lampu dari odong-odong yang mengelilingi alun-alun menambah kemeriahan. Aneka lampu warna-warni dari kendaraan hias menambah semarak tempat ini. Mobil-mobil hias ini bisa kamu gunakan untuk berkeliling alkid dengan tarif 30-40 ribu sesudah ditawar.

Jangan lewatkan juga untuk menjajal peruntunganmu melewati celah dua pohon beringin alkid. Konon, siapa yang bisa melewati celah di antara pohon beringin dengan mata tertutup, harapannya akan terkabul. Jadi, kalau kamu punya harapan yang terpendam, kenapa gak dicoba aja?

  1. Sindu Kusuma Edupark
Sindu Kusuma Edupark
Sindu Kusuma Edupark

Sebuah ferris wheel dengan lampu berwarna-warni di Sindu Kusuma Edupark semakin menambah semarak Jogja di malam hari. Sindu Kusuma Edupark atau SKE adalah taman rekreasi yang terbilang baru di Yogyakarta. Wahana utamanya adalah ferris wheel alias kincir ria setinggi 48 meter.

Dari puncak bianglala ini, kamu bisa menikmati suasana lampu kota Jogja bersama orang yang kamu kasihi. Taman rekreasi ini cuma buka sampai jam 9 malam, jadi jangan sampai kemalaman.

  1. Bukit Bintang
Bukit Bintang
Bukit Bintang

Letak wisata malam yang berada di perbukitan pathuk, lebih tepatnya berada di Jl.wonosari, bukit bintang tidaklah membuat anda takut dengan kemalaman di atas bukit,karena disana merupakan suatu wisata malam yang tidak kalah ramai dengan taman lampion dan alun-alun kidul.

Kesejukan dan keindahan alam suasana bukit bintang akan membuat kita nyaman dan menghilangkan segala beban pikiran anda,selain itu bukit bintang adalah tempat yang paling romantis untuk membuktikan rasa sayang dan cinta anda terhadap sang kekasih.

Dan bagi para penduduk sekitar mereka memanfaatkan tempat itu untuk melakukan suatu usaha yang bergerk di bidang kuliner,karena bukan hanya memandangi sebuah bintang saja,disana anda bisa menikmati wisata kuliner rumah makan yang terletak sepanjang jalan bukit khas wonosari. Dan kurang klop rasanya jika memandang bintang saja tanpa ditemani dengan sajian nikmat.

  1. Pasar Malam Perayaan Sekaten
Pasar malam Sekaten
Pasar malam Sekaten

Jika kebetulan kamu main ke Jogja saat perayaan Sekaten digelar, datanglah ke alun-alun utara tanpa pikir panjang. Di tempat ini, ada pasar malam Sekaten yang menawarkan suasana pesta rakyat yang meriah. Ada puluhan wahana seru yang bisa kamu coba, mulai dari kora-kora, bianglala, ombak banyu, rumah hantu, sampai melihat para daredevil beruji nyali di tong stand. (mungkin maksudnya tong stunt kali, ya).

Pasar malam ini juga menawarkan aneka jajanan yang bisa mengganjal perutmu yang lapar setelah berputar-putar. Tempat ini juga pas banget buat kamu yang pengen berburu pakaian bekas. Tapi, gak cuma pakaian bekas, yang baru juga banyak, lho. Pokoknya pasar ini lengkap, deh!

  1. Ramayana Ballet Prambanan
Ramayana Ballet Prambanan
Ramayana Ballet Prambanan

Sebuah pagelaran seni drama dan tari yang mengangkat cerita Ramayana. Sendratari ini mengisahkan tentang sepenggal kehidupan Rama dalam usahanya untuk menyelamatkan Shinta yang diculik oleh Rahwana. Jalan cerita yang panjang dan menegangkan itu dirangkum dalam empat lakon atau babak, antara lain: penculikan Shinta, misi Anoman ke Alengka, kematian Kumbakarna dan Rahwana, dan pertemuan kembali Rama-Shinta.

Cerita akan disuguhkan dalam rangakain gerak tari dan diiringi musik gamelan yang indah. Tidak ada dialog dari para penari, penuturnya adalah sinden yang menggambarkan jalan cerita lewat lagu-lagu dalam bahasa Jawa. Tidak perlu khawatir kalau kamu tidak paham lagu-lagu yang dinyanyikan sinden karena disediakan leaflet. Leaflet ini berisi cerita Ramayana dalam berbagai bahasa yaitu, Indonesia, Inggris, Korea, Jepang, Jerman, Belanda, Spanyol dan Perancis sehingga penonton dapat memahami jalan cerita Ramayana.

Ramayana Ballet digelar setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu pada pukul 19.30 WIB – 21.30 WIB di kompleks Candi Prambanan. Di musim kemarau, pertunjukan digelar outdoor di Open Air Theatre dengan latar belakang Candi Prambanan. Sedangkan di musim hujan, pertunjukan digelar indoor di Tri Murti Theatre.

  1. Angkringan Kopi Joss Lek man
Angkringan Kopi Joss
Angkringan Kopi Joss

menikmati malam di jogja rasnya urang lengkap nih kalo ga mampir ke angkringan yang terletak di utara stasiun tugu ini selain menyajikan makanan seperti nasi kucing ( Nasi putih polos atau yang sudah diberi sedikit oseng tempe, oseng teri, atau sambel serta dibungkus dengan daun pisang ), juga menyediakan minuman andalannya yaitu kopi jos ( kopi yang ditambahkan dengan arang ). disini kalian bisa bersenda gurah atau ngorbrol2 bareng teman atau keluarga sambil menikmati ramainya lalu lintas di sekitar.

Suasana inilah yang menginspirasi banyak musisi untuk menciptakan lagu yang tak lekang oleh zaman, seperti Kahitna dengan lagu Yogyakarta-nya. Mumpung kamu di Jogja, kenapa gak menjajalnya sendiri?

Nah, cobalah sendiri dan temukan sisi romantisme Jogja yang semarak di malam hari. Kalau kamu mau nambahin, coret-coret aja di kolom komentar.

INCOMING SEARCH TERMS:

tempat wisata di jogja yang wajib dikunnjungi,tempat wisata jogja, wisata di jogja, tempat wisata di jogja, wisata jogja, penginapan murah di jogja, paket tour murah, liburan murah, hotel di jogja, hotel dekat malioboro, paket liburan murah, wisata yogyakarta, tempat wisata di yogyakarta, penginapan di jogja, hotel di malioboro, tempat wisata yogyakarta, paket liburan, rental mobil jogja murah, rental mobil di jogja, sewa mobil jogja, rental mobil, sewa mobil di jogja, mobil jogja, rental mobil yogyakarta, wisata kuliner jogja, kuliner indonesia, losmen murah di jogja, hotel jogja, hotel murah jogja

Posted on: August 13, 2015, by : admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *