4 lokasi terbaik Snorkeling Di Jogja

umbul ponggok

umbul ponggokBanyak orang yang gak tahu atau tidak percaya bahwa di Jogja ada tempat buat snorkeling. Tempat-tempat ini, memang bisa dijadikan awal snorkelingmu tanpa ketakutan kamu tidak bisa berenang. Walaupun memang pada dasarnya snorkeling tidak membutuhkan kepandaikan dalam renang, intinya sih kamu berani ajah dulu tapi tetap mengikuti petunjuk dari pemandu snorkelingmu. Oke guys? Mari kita lihat mana saja lokasi snorkeling di jogja.

1. Umbul Ponggok, Tempat Asyik Untuk Snorkeling air tawar

umbul ponggok klaten.jpgSebagai salah satu tempat snorkling Air Tawar terbaik di Indonesia, Umbul ponggok Punya Pemandangan bawah air khas , ya! kamu bisa melihat ikan-ikan yang biasanya ada di sungai seperti nila, mujair, bawal bahkan lele

Sebagaian dari kamu mungkin belum pernah snorkling di laut, nah umbul ponggok merupakan tempat yang baik buat kamu untuk latihan karena kedalaman yang masih dalam jangkauan aman dan tidak ada arus bawah air seperti dilaut

Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Dari Yogyakarta bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Untuk masuk ke Umbul Ponggok wisatawan wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang. Bagi wisatawan yang ingin snorkeling namun tidak membawa peralatan, di Umbul Ponggok juga terdapat tempat penyewaan snorkeling. Berikut daftar harganya: kaki katak Rp 5.000, snorkel, Rp 10.000, pelampung Rp 5.000, ban Rp 5.000.

  1. Pantai Sadranan, Surga Baru untuk Menyelami Keindahan Bawah Laut

pantai sadrananBerbatasan langsung dengan Samudra Hindia menjadikan pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta memiliki karakter ombak yang cukup tinggi dan besar. Karena itu hampir di setiap pantai terdapat larangan untuk berenang di laut, bahkan jika ingin mandi-mandi dan bermain ombak hanya boleh di pesisir pantai yang dangkal. Kondisi ini menjadikan wisatawan tidak bisa melakukan aktivitas snorkeling.

Meski begitu kamu tidak usah buru-buru kecewa. Ternyata, di deretan pantai-pantai berombak besar tersebut tersembunyi beberapa pantai yang tenang dan berair dangkal sehingga cocok dijadikan tempat berenang maupun snorkeling. Pantai tersebut adalah pantai sandranan

Pantai sadranan adalah surga baru bagi para pecinta snorkeling, pantai ini menyimpan keindahan bawah laut yang masih alami dan sangat cocok bagi wisatawan yang tertarik untuk mengenal lebih dekat dunia bawah air, dan ingin berinteraksi langsung dengan penghuni bawah laut, seperti terumbu karang, ikan – ikan cantik yang langka serta di lindungi.

Bagi kamu yang ingin belajar snorkeling di pantai ini, tidak perlu khawatir tentang alat dan keamanan karena pengelola telah menyediakan persewaan peralatan snorkeling plus pemandu untuk mengajarkan teknik senorkeling sekaligus sebagai pemandu menuju spot-spot snorkeling terbaik. Harga sewa yang di tawarkan pun sangat terjangkau, cukup dengan Rp 50.000/pax wisatawan sudah dapat alat snorkel berupa kacamata, selang, pelampung serta sepatu plus pemandu

Lokasi Pantai Sadranan berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Sadranan tentu tidak asing lagi di telinga kita meski lokasi pantai ini memang agak tersembunyi diapit antara Pantai Krakal, Slili, dan Pantai Ngandong. Meskipun begitu, Pantai Sadranan tetap menjadi favorit untuk dikunjungi terutama oleh anak-anak muda.

  1. Pantai Nglambor, Akuarium Semesta yang Dijaga Sepasang Kura-Kura Raksasa

snorkeling nglamborBerbentuk teluk mungil yang diapit dua bukit, Pantai Nglambor benar-benar masih bersih dan alami. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan, tapi justru disitulah keasyikannya. Kita seolah-olah berada di pantai pribadi. Untuk mencapai bibir pantai wisatawan harus memarkir kendaraan di tepi jalan kemudian berjalan kaki melewati ladang kacang dan deretan pohon pandan laut.

Tepat di depan teluk terdapat dua pulau karang yang bentuknya menyerupai dua kura-kura raksasa yang sedang berkejaran. Selain menambah kecantikan panorama pantai, dua pulau karang tersebut ternyata juga berfungsi sebagai penahan ombak. Hal tersebut menjadikan perairan di tepi pantai dangkal. Terumbu karang pun tumbuh dengan indah akibat terbebas dari terjangan ombak besar.

Air lautnya yang jernih menjadikan pengunjung bisa dengan leluasa melihat karang, rumput laut, ikan dengan berbagai warna berkejaran, dan aneka biota penghuni laut lainnya dari permukaan air. Para pengunjung pun bisa melakukan snorkeling dan berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar karena memang lokasinya pantainya yang berada di teluk. Wajar jika tidak hanya wisatawan lokal yang datang, melainkan turis luar negeri seperti dari Belanda, Perancis dan Singapura

  1. Pantai Drini, Spot Snorkeling yang Indah

snorkeling pantai driniDrini Beach Snorkeling yaitu lokasi dan spot  snorkeling terletak di kawasan Pantai Drini tepatnya di Desa Banjarejo Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul Jogja. Pengunjung bisa melakukan aktivitas penyelaman di permukaan dengan pemandangan di bawah atau dalam air berupa biota laut indah dan menarik.

Pantai Drini mudah dijangkau merupakan salah satu pantai cantik dengan sarpras lengkap seperti penginapan, masjid, kios makanan dan minumun, sampai area parkir yang luas. Terdapat Pulau Drini tempat dimana pengunjung bisa mendokumentasikan suasana pantai dari atas bukit karang, sedangkan spot wisata snorkeling Gunungkidul tepat di sebelah timur pulau ini. Di sisi lain terdapat deretan perahu tradisional, TPI, dan aktivitas para nelayan. Pantai yang komplit baik sarpras, lokasi strategis akses mudah dijangkau, aneka menu ikan segar, berbagai view menarik, pulau yang indah, pelabuhan nelayan tradisional, dan petualangan seru snorkeling dalam satu kawasan.

Gimana, mau mencoba sensasi snorkeling di Jogja? Sedikit tips saja, sebelum snorkeling kalian harus melakukan pemanasan agar terhindar dari kram. Jangan pernah takut sebelum menyobanya jika ingin snorkeling. Dan untuk snorkeling di pantai Gunungkidul diusahankan kalian untu memakai alas kaki, misal pakai sepatu katak atau sepatu khusus karena karang-karang di pantai ini cukup tajam

Posted on: January 20, 2016, by : admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *